Kantor Pencarian dan Pertolongan Banda Aceh melakukan kegiatan Rapat Koordinasi dan Latihan SAR Daerah tahun 2019.

Kegiatan latihan tersebut dilaksanakan mulai tanggal 15-17 Oktober 2019 dan dibuka oleh Plt. Gubernur Aceh, Ir. H. Nova Iriansyah, M.T. Dalam sambutannya beliau mengatakan pentingnya meningkatkan keterampilan dan koordinasi semua tim Kantor Pencarian dan Pertolongan Banda Aceh dengan pihak-pihak terkait dalam menjalankan tugas-tugas pencarian dan pertolongan.

Melalui Rapat Koordinasi (RAKOR) SAR ini, diharapkan dapat menyamakan persepsi dan membangun kerjasama guna memperkuat kinerja kedepan. Rapat koordinasi ini nanti akan dilanjutkan dengan latihan teknis di lapangan (Selat Benggala).

Kemudian sambutan dilanjutkan oleh Direktur Kesiapsiagaan BASARNAS, Bpk. Didi Hamzar, dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa bencana dapat terjadi kapan saja, dimana saja, dan kepada siapa saja sehingga BASARNAS harus memetakan aspek-aspek yang dibutuhkan terkait pencarian dan pertolongan agar dapat memberikan pelayanan SAR secara optimal dan proporsional.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banda Aceh, Budiono, S.E, M.M., menyebutkan kegiatan ini melibatkan 20 instansi yang berasal dari TNI AL- LANAL SABANG, KODIM 0101/BS, Dir. Polair Polda Aceh, Polresta Banda Aceh, DKP Prov. Aceh, BPBA, BPBD Banda Aceh, Dinas Sosial Aceh, Dinas Kesehatan Prov. Aceh, Stasiun Meteorologi Kelas I Bandara Sulthan Iskandar Muda, Kantor Imigrasi kelas I Banda Aceh, Kantor Kesehatan Pelabuhan, UPTD Pelabuhan Ulee Lheu, SPPKL Aceh, KPLP Malahayati, SROP Ulee Lheu, PMI, Panglima Laot Aceh, ORARI Aceh, dan Rapi Aceh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *