Group Zikir Maulid As- Salam Hiasi Perayaan Maulid Nabi di Surien

Maulid Nabi merupakan hari peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW yang jatuh setiap tanggal 12 Rabi’ul Awal.
Tahun ini perayaan tersebut jatuh pada 9 November 2019 bertepatan dengan 1441 H.
Dalam memperingati Maulid Nabi ini setiap umat muslim memiliki tradisi yang berbeda-beda.

“Luar biasa masyarakat Gampong Surien Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh dalam memeriahkan perayaan Maulid Nabi, Kami (warga) dari pagi sampai siang hari mempersiapkan keperluan untuk acara yang sudah membudaya di Aceh ini, ujar Keuchik Gampong Surien, Afdhal, A.Md  kepada tim Liputan Radio Megah FM, Sabtu (7/12/2019).

Warga masyarakat katanya, mempersiapkan sejak memasuki bulan rabiul awal diawali dengan duek pakat atau rapat dan selanjutnya mempersiapkan segala keperluan termasuk makanan khas Aceh, yaitu Kuah Beulangong.

Tradisi Maulid ini harus di teladani oleh seluruh umat muslim, karena itu mari kita teladani sifat Rasulullah, SAW, karena Beliau sosok manusia yang patut kita teladani, imbuh Afdhal.

Zikir Barzanzi yang dibacakan oleh para Remaja Masjid Baabunnajah Surien sangat membangkitkan semangat warga masyarakat dalam merayakan hari lahir Nabi, ucap Afdhal.

“Kepribadiannya amatlah luhur, Beliaulah figur ummat dan pembawa syafa’at hingga akhir kiamat. Tak bisa dipungkiri, dengan memakan waktu yang cukup singkat beliau bisa membawa agama Islam jaya.
Itu semua tidak lain hanya dikarenakan beliau mempunyai kegigihan serta semangat yang tinggi dalam menjalankan tugas dari Allah, juga beliau mempunyai akhlak yang terpuji. Beliaulah sosok manusia sempurna dan dicintai Allah” ujarnya

Sementara itu, Maulid Nabi ini pada malam harinya juga akan diisi dengan pengajian oleh Qori Nasional yaitu Tgk. Ismail M. Daud dan Ceramah Maulid yang disampaikan oleh Tgk. Atasykuri MH. M atau kerap disapa Abana pimpinan dayah Madinatul Fata, Gampong Lampuot, Banda Aceh, kata Kecuhik Surien ini.

Kami mengambil tema dalam peringatan maulid ini “Mari kkta tanamkan Keteladanan Nabi Muhammad, SAW untuk mencapai kebahagiaan di dunia dan di akhirat” tutur Afdhal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *