Kapolsek Krueng Barona Jaya Sosialisasi Pemutusan Mata Rantai Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

Dalam rangka memutuskan mata rantai kekerasan terhadap perempuan dan anak, Kapolsek Krueng Barona Jaya Ipda Cut Laila Surya, SH memberikan sosialisasi kepada warga Krueng Barona Jaya di gedung UDKP setempat, Jumat Pagi (17/7/2020).

Kegiatan yang dinilai sangat antuasias diterima oleh warga setempat dihadiri oleh puluhan anak – anak dan orang tua masing – masing anak.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto, SH melalui Kapolsek Krueng Barona Jaya mengajak semua pihak untuk memutuskan mata rantai kekerasan terhadap perempuan dan anak-anak.

“Perempuan berperan penting dalam mendidik dan merawat generasi pemimpin bangsa, dan anak-anak adalah calon pemimpin bangsa yang akan membawa arah pembangunan bangsa Indonesia ke depan. Oleh karena itu, jelasnya, pemerintah daerah juga harus berinvestasi besar bagi kesejahteraan perempuan dan tumbuh kembang anak untuk bangsa Indonesia yang lebih baik,” papar Cut Laila Surya yang kerap disapa Cut Uya.

Ia menghimbau kepada orang tua untuk sama-sama menjaga anak-anak dari kekerasan Sexsual, karna mustahil pihak Kepolisian bisa mengawasi sendiri tanpa bantuan masyarakat, terangnya.

Kemudian, Cut Uya juga menjelaskan bagaimana tata cara perilaku seseorang yang cendrung memiliki kelainan seksual dan bagaimana cara menghindari dari orang tersebut.

“Banyak cara yang sering dilakukan oleh orang yang berperilaku seksual, diantaranya dengan cara bersiul memanggil seorang perempuan baik anak – anak maupun perempuan dewasa, serta bagaimana ia menyentuh seseorang dengan tangannya, maka kita harus menghindari perilaku orang tersebut,” sambungnya

Cara mengatasinya bagi anak-anak, yaitu dengan cara berlari menjauhi orang tersebut serta melaporkan kepada orang tuanya atau kerabat terdekat, dan dapat melaporkan kepada pihak kepolisian atau instansi terkait untuk tindak lanjutnya, tutur Cut Uya.

Kapolsek mengharapkan, mari sama-sama kita menjaga anak-anak kita agar terhindari dari kasus ini, dan juga kepada anak-anak di himbau untuk tidak sembarangan dalam bermain Internet, pergunakanlah waktu bermain internet untuk yang bermanfaat semisal untuk keperluan pelajaran sekolah.

Selain giat sosialisasi kekerasan terhadap anak dan perempuan juga disampaikan tentang penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang harus dipatuhi oleh masyarakat guna untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 ini, ujarnya.

Sebetulnya giat sosialisasi kekerasan terhadap anak dan perempuan ini sudah menjadi salah satu program Polsek Krueng Barona Jaya bekerjasama dengan PPA Polresta Banda Aceh dan ini akan terus kita laksanakan sesuai perintah Bapak Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Trisno Riyanto, Ucap Kapolsek Krueng Barona Jaya ini.

Selain Sosialisasi, Kapolsek bersama personelnya juga membuat kegiatan games berupa menggambar apa yang telah disaksikan oleh anak – anak dan orang tua serta membacakan hafalan ayat – ayat pendek al –qur’an serta memberikan bingkisan bagi para peserta kegiatan sosialisasi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *