Polresta Banda Aceh Dapatkan Penghargaan Pelayanan Publik Kedua Kali Dari Menpan RB RI

Polresta Banda Aceh kembali menerima penghargaan yang kedua dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB). Penghargaan Pelayanan Publik ini diberikan untuk periode tahun 2020 setelah tahun 2019 silam juga menerima penghargaan yang sama.

Penghargaan tersebut diberikan dihadapan Kapolri Jenderal Drs. Listyo Sigit Prabowo, M,Si oleh Menteri PAN RB RI, Tjahjo Kumolo, SH dan disaksikan oleh sejumlah pejabat Polri diwilayah Indonesia melalui Zoom Meeting di Polres masing – masing. Sementara itu, pelaksanaan kegiatan penyerahan penghargaan tersebut dilakukan di ruang Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Selasa (16/2/2021).

Penyerahan penghargaan kepada Polresta yang masuk dalam kategori ‘sangat baik’ tersebut diberikan sesuai dengan hasil evaluasi kinerja unit penyelenggara pelayanan publik bidang SIM dan SKCK yang dilakukan di 209 Polres/Polresta/Polrestabes dan Polres Metro medio tahun 2020. Dari 209 yang dievaluasi, Polresta Banda Aceh mendapatkan nilai Indeks Pelayanan Publik (IPP) A- atau sangat baik dan yang mendapatkan nilai A sebanyak 12 Satker, nilai A- sebanyak 40 Satker, nilai B sebanyak 96 Satker, nilai B- sebanyak 43 Satker, nilai C sebanyak 16 Satker dan nilai C- kebawah sebanyak 2 Satker.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Joko Krisdiyanto SIK, mengatakan penghargaan yang diterima itu tidak lepas dari kinerja dan kerja keras seluruh personel Polresta Banda Aceh sejajaran.

Didampingi Waka Polresta Banda Aceh dan para pejabat utama di Aula Machdum Sakti, Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Jokop Krisdiyanto, SIK menaruh harapan dengan perolehan penghargan katergori sangat baik itu, personel lebih meningkatkan kinerjanya, sehingga ke depan, Polresta Banda Aceh mendapatkan predikat sangat terbaik (Prima).

 “Kami menyampaikan terima kasih kepada seluruh personel Polresta Banda Aceh yang sudah bekerja maksimal, sehingga Polresta mendapatkan penghargaan kategori sangat baik kedua kalinya dari Kementrian PAN RB RI,” ujarnya.

Menurut Kombes Joko, penghargaan tersebut dipilih berdasarkan evaluasi yang dilakukan Kementerian PAN RB sesuai surat Keputusan Menteri PANRB Nomor 366 Tahun 2020 tentang Penetapan Unit Penyelenggara Pelayanan Publik pada Kementerian dan Lembaga sebagai Lokasi Evaluasi Pelayanan Publik Tahun 2020.

Beberapa kategori penilaian yang dilakukan oleh tim dari Kementerian PAN RB RI, lanjut Kapolresta Banda Aceh ini, di antaranya melalui Instrumen Indeks Pelayanan Publik (IPP), meliputi aspek kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, prasana dan sarana, SIPP, konsultasi dan pengaduan serta inovasi.

“Tim juga melakukan penilaian melalui pengisian kuesioner data objektif, sehingga angka indeks yang dihasilkan merupakan komposit  dari berbagai data, baik data primer dan sekunder serta data objektif maupun persepsi,” sebutnya.

Setelah semua itu terkumpul data, maka dievaluasi secara online melalui aplikasi yang telah ditentukan oleh Kementerian PAN RB RI dan dihasilkan kategori nilai IPP. “Alhamdulillah Polresta Banda Aceh tahun 2020 mendapatkan nilai dengan kategori sangat baik. Ini berkat semua kerja keras semua personel Polresta Banda Aceh,” pungkas Kombes Joko.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *