Kapolsek Krueng Barona Jaya : Lestarikan Tradisi Aceh di Bulan Rajab Dengan Khanduri Apam

Kapolsek Krueng Barona Jaya Ipda Cut Laila Surya, S.H melakukan bersilaturahmi dengan para ibu-ibu PKK di Gampong Meunasah Baktrieng Kecamatan Krueng Barona Jaya, Aceh Besar, Kamis (4/2/2021).

Kegiatan ini merupakan salah satu tradisi masyarakat Aceh dalam memperingati masuknya Bulan Rajab atau yang sering disebut masyarakat Aceh Buleun Apam.

Kapolresta Banda aceh, Kombes Pol Joko Krisdiyanto, SH melalui Kapolsek krueng Barona Jaya Ipda Cut Laila Surya, SH mengatkan pembuatan kue apam ini merupakan kegiatan yang sering di laksanakan setiap bulan rajab.

“Kue ini biasanya dimasak oleh ibu-ibu dengan bergotong – royong bersama sanak keluarga atau tetangga dan kue ini  khusus disajikan pada waktu-waktu tertentu seperti Bulan Ra’jab atau yang disebut juga dengan Buluen Apam dan juga biasanya untuk menyambut datangnya bulan Puasa Ramadhan,” tutur Cut Uya.

Cut Uya mengajak warga binaannya untuk melestarikan tradisi Aceh di bulan Rajab ini dengan melakukan khanduri apam, dimana dengan memberi kanduri kepada orang lain juga cukup besar fahala yang didapatkan, bulan rajab memang terasa sangat spesial bagi Orang Aceh. Selain mengikuti pembuatan kue apam, Kapolsek juga mengatakan, ini merupakan kegiatan personel Polsek krueng Barona Jaya bersama para warganya untuk menjalin silaturahmi dan juga menekankan agar para warganya tetap mematuhi protokol kesehatan agar terhindar dari virus covid – 19, pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *